Kamis, 16 Oktober 2014

RETURN “ELVIRA NATALI”



Judul: Return
Penulis: Elvira Natali
Penerbit: Gramedia Pustaka Utama
Editor: Nesia Anindita
Cetakan:1, Februari 2014
Tebal: 232 halaman
Ukuran: 13.5 x  20 cm
ISBN: 978-602-03-0205-8
Novel terbitan Februari 2014 ini mungkin sudah sangat familiar. Sebelumnya Elvira Natali selaku penulis novel tersebut sekitar tahun 2011 pernah menerbitkan novel yang berjudul Janji Hati. Yang sekarang difilm kan oleh produser ternama Rudi Soejarwo. Novel ini terbagi menjadi 3 bab. Bab petama bercerita tentang hubungan Felicia dengan Marcel, bab kedua Felicia menerima beasiswa ke sekolah musik, dan bab ketiga saat Felicia mengetahui siapa sebenarnya Yutaka. Return mengisahkan tentang seseorang bernama Felicia Volney yang berpacaran dengan cowok selisih 5 tahun lebih tua darinya, bernama Marcel Darmawan. Setelah kelulusan Marcel memutuskan untuk menimba ilmu lebih lanjut di Milan. Bab kedua, sebenarnya Felicia sedikit tertekan dengan situasi ini, karena dulu ayahnya kecelakaan tepat di Milan juga saat Felicia berumur 13 tahun. Hal itu juga yang memberatkan Felicia untuk mengizinkan Marcel pergi. Akhirnya Marcel pun berangkat ke Milan. Dan yang tidak disangka sebelumnya terjadi juga, Marcel terlibat kecelakaan di Milan, dan dia mengalami amnesia. Dia pun lupa juga dengan Felicia yang merupakan tunangannya. Felicia merasa tertekan, mungkin baginya Milan adalah neraka.
            Tapi akhirnya Felicia menerima beasiswa ke Julliard, New York. Felicia akhirnya memiliki karier sebagai penyanyi terkenal dan harus melakukan syuting video klip di Milan. Sebenarnya Felicia merasa takut dengan Milan, tetapi karena pekerjaan yang mengharuskan ia kesana, akhirnya dia berangkat juga. Felicia bertemu dengan Michio Yutaka selaku model video klipnya. Yutaka merasa tertarik lebih dalam mengenal Felicia yang misterius. Mereka semakin dekat, dan menumbuhkan benih cinta diantara mereka. Secara keseluruhan, novel Return sangat menarik untuk dibaca. Selain jalan ceritanya yang susah ditebak, novel ini mempunyai ciri khas sendiri. Bahasa yang digunakanpun lebih dari baik bagi saya sendiri, karena banyak menyebar kata-kata romantis di setiap barisannya. Misalnya “Aku tak pernah berpikir sebelumnya bahwa kebahagiaanku adalah yang terpenting bagimu. Kalau begitu, sejak saat ini aku juga ingin melakukan hal yang sama, membuatmu bahagia.” Saya sangat menikmati membaca novel ini. Dari segi covernya pun menarik perhatian saya, yaitu menggambarkan kota Milan dengan kombinasi warna yang enak dipandang mata. Selain Elvira yang berbakat menulis, tim editor Gramedia Pustaka Utama pun juga mengembangkannya dengan sebaik mungkin. Awalnya saya tertarik membacanya karena yang dilihat pertama kali covernya, setelah itu saya beralih melihat penerbitnya. Dan saya yakin Gramedia hanya menerbitkan novel yang layak dibaca. Kemudian saya membaca sinopsisnya. Dari segi bahasa saya mulai tertarik,  ditambah lagi pengarangnya adalah Elvira Natali, penulis idola saya. Biarpun saya diperintahkan untuk membacanya berpuluh-puluh kali saya mau.


            Ending dari cerita ini, akhirnya semua rahasia terungkap. Tiba-tiba ibu dari Yutaka sakit dan ia harus kembali ke Jepang. Yutaka pun meminta Felicia untuk menyusulnya. Felicia tersadar, bahwa ibunda Yutaka adalah teman dekat mamanya saat kuliah di Jepang. Dan yang tidak diduga, bahwa Yutaka sebenarnya adalah kakak dari Felicia sendiri. Mama Felicia menitipkannya kepada teman dekatnya, Ayumi Nagato. Lagi-lagi Milan yang membuat hatinya hacur lagi. Akhirnya Marcel pun mengingat kembali masa lalunya bersama Felicia. Felicia kembali menjalin cinta lagi bersama Marcel. Novel ini adalah novel Amore yang sengaja dikemas untuk mengisi waktu luang. Bergenre roman, merupakan novel fiksi yang lumayan ringan bagi saya. Secara keseluruhan saya cukup puas membaca novel ini, karena saya lebih mencondongkan novel yang ringan dengan gaya bahasa indah dan mampu menghipnotis pembacanya.
Mungkin hanya ini saja pendapat saya. Saya pribadi sangat menyukai novel ini. Selamat beraktivitas kembali tim GPU. #ResensiPilihan
             

Tidak ada komentar:

Posting Komentar